Rabu, 21 Maret 2012

Cara Unik Mengatasi Serangga Tomcat

Beberapa hari ini warga Surabaya di gegerkan oleh segerombolan serangga yang membawa cairan beracun ditubuhnya, serangga ini bernama tomcat. Tomcat ini masih satu famili dengan kumbang. Serangga ini dapat terbang secara vertikal dan sangat menyukai tempat yang terang dan lembab. Tomcat tidak mengigit tapi dia dapat mengeluarkan cairan beracun dari tubuhnya dan apabila tersentuh kulit manusia maka akan menyebabkan dermatitis (raum merah seperti terbakar dan ada kantong - kantong nanah). Dermatitis ini rasanya sangat gatal, panas dan perih. Tomcat akan mengeluarkan cairan beracunnya ketika tubuhnya menyentuh benda - benda asing seperti baju, handuk, dll. Jadi jika pakaian, handuk atau kulit anda terkena tomcat, segera bersihkan dengan air dan sabun agar tidak menyebabkan dermatitis bagi yang menyentuhnya.

 
Ini dia si tomcat

Contoh kulit yang terkena tomcat

Nah, itulah sekilas tentang si tomcat. Mungkin untuk saat ini, serangga ini sangatlah menjadi momok bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya termasuk saya. Apalagi si tomcat ini sudah mulai bermunculan dibeberapa kota lain seperti di Gresik, Situbondo, Tuban , dll.
Saya dan beberapa teman telah melakukan sebuah eksperimen yang awalnya merupakan keisengan teman sya tapi kemudian ini bisa jadi referensi untuk mengatasi serangga tomcat. Caranya adalah :

1. Peliharalah semut rangrang sebanyak - banyaknya.
    Serangga tomcat takut sama semut rangrang. Ini sudah kami buktikan. Kami memasukkan 4 ekor tomcat dan 4 ekor semut rangrang ke dalam sebuah botol air mineral dan kami amati. Ternyata semut rangrang dengan gagah berani menggigit leher tomcat kuat - kuat dan tomcat tidak dapat melakukan perlawanan. Tidak berapa lama, tomcat K.O alias mati. Tapi ada beberapa kekurangan dalam cara yang pertama ini. Yaitu anda harus kebal terhadap gigitan semut rangrang yang anda pelihara. Jika tidak kuat lambaikan tangan ke kamera, eh salah ya :D. Maksud saya jika anda tidak kuat, janganlah mencoba cara yang ini. Hhehe.

 
Si kuat semut rangrang ^_^ 

2. Produksilah asap rokok sebanyak - banyaknya.
    Ini juga sudah kami buktikan. Teman saya meniupkan asap rokok ke dalam botol air mineral yang berisi semut rangrang dan tomcat tadi dan dengan segera menutup botol tersebut. Setelah dibiarkan selama beberapa saat, seluruh tomcat tewas dan 2 ekor semut rangrang ditemukan masih selamat tapi sesak nafas. Jadi, si semut rangrang masih lebih kuat dari tomcat. Untuk cara kedua ini mungkin akan menimbulkan salah paham. karena kamar atau tempat yang anda gunakan untuk memproduksi asap rokok sebanyak - banyaknya itu akan dikira orang - orang sekitar anda mengalami kebakaran dan anda harus siap disiram air oleh orang - orang. Hehehe

 
Asap rokok mengalahkan tomcat setelah semut rangrang

Itulah sedikit saran untuk mengatasi serangga tomcat. Selamat mencoba dan semoga selamat :D

3 komentar: